5 Langkah Efektif Meningkatkan Angka Kredit Guru


Lakukan 5 Strategi Efektif ini untuk Meningkatkan Angka Kredit Anda sebagai Guru

meningkatkan angka kredit guru
Meningkatkan Angka Kredit Guru

Selain bertanggung-jawab menjadi pendidik, Guru memiliki tanggung-jawab dalam melakukan penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran untuk mencapai hasil pendidikan yang bermutu.

Proses penilaian/evaluasi hasil pembelajaran dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya dengan pengembangan keprofesian yang berkelanjutan. Melalui sistem tersebut, Guru dituntut untuk melakukan evaluasi secara mandiri berdasarkan butir-butir setiap jenjangnya.

Proses evaluasi menggunakan metode kuantifikasi dengan cara mengumpulkan target angka kredit  tertentu setiap jenjangnya. Saat in banyak yang terjebak untuk berusaha menyelesaikan seluruh butir, padahal untuk mendapatkan angka kredit yang efektif tidak demikian.

Kami telah melakukan survey dan merangkum praktek terbaik untuk meningkatkan angka kredit guru secara maksimal. Oleh karena itu, silahkan simak beberapa langkah dan strategi efektif  agar kenaikan pangkat jenjang fungsional guru Anda menjadi lebih efektif.

Strategi Efektif Meningkatkan Angka Kredit Guru

Secara umum, kami berharap bahwa Anda mulai saat ini fokus pada unsur utama karena proporsinya mencapai 90 % dari kebutuhan angka kredit setiap jenjangnya. Kemudian dari unsur utama tersebut, fokus pada butir yang memiliki nilai besar serta usaha untuk mendapatkannya tidak terlampau sulit merupakan sebuah strategi yang efektif.

Kami telah mengurutkan melalui langkah 1 sampai langkah 5, dari tingkat kesulitan paling mudah hingga paling sulit.

Langkah Pertama, Mengikuti Diklat Pelatihan Bersertifikat

Jika Anda dapat mengantisipasi perubahan yang dapat memengaruhi tatanan sistem saat ini, Anda dapat merencanakan pembelajaran yang membantu para murid beradaptasi dengan perubahan. Sebagai contoh ketika terjadinya transformasi media pembelajaran yang begitu cepat, Anda dituntut untuk selalu beradaptasi dengan situasi terkini.

Sistem yang dibentuk untuk memperoleh angka kredit guru sebenarnya memicu Anda untuk selalu meningkatkan kapasitas yang Anda miliki saat ini. Langkah pertama yang kami maksud untuk meningkatkan kapasitas Anda adalah mengupdate keilmuan melalui keikutsertaan pelatihan bersertifikat.

Berikut ini kami bantu menyajikan tabel perhitungan angka kredit guru terbaru untuk sub unsur melaksanakan pengembangan diri. Pada tabel berikut ini memuat daftar angka kredit diklat pelatihan fungsional guru.

daftar angka kredit mengikuti diklat pelatihan fungsional guru
Daftar angka kredit mengikuti diklat pelatihan fungsional guru

Perlu Anda ketahui bahwa yang dimaksud diklat pelatihan fungsional guru dikategorikan menjadi (diklat fungsional keahlian dan diklat fungsional ketrampilan). Diklat fungsional keahlian merujuk pada pelatihan untuk melaksanakan butir-butir setiap kegiatan.

Contohnya seperti "Pelatihan Pembuatan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan". Kuncinya lebih pada pengetahuan melakukan sesuatu berdasarkan langkah-langkahnya.

Sedangkan diklat fungsional ketrampilan merujuk pada pelatihan untuk membentuk kemampuan untuk menggunakan fikiran, ide dan kreatifitas dalam mengerjakan sesuatu. Contohnya seperti "Pelatihan Media Pembelajaran E-Learning".

Angka kredit fungsional guru untuk mengikuti diklat pelatihan bersertifikat ini cukup besar. Semisal Anda mengikuti pelatihan rutin setiap bulannya untuk poin f, selama setahun Anda sudah mengantongi nilai angka kredit sebanyak 12. Bahkan menariknya, pelatihan dapat dilakukan secara online shingga Anda dapat mengikuti pelatihan sembari melakukan pekerjaan rumah.

Berikut ini kami merekomendasikan beberapa diklat pelatihan fungsional guru yang dapat diklaim menjadi angka kredit. Menariknya, Anda dapat melakukan kustomisasi tanggal pelaksanaan pada sertifikatnya.


Banyak Guru sebagai tenaga pendidik yang merasa bahwa pembelajaran online (self paced) sangat cocok dan memungkinkan mereka untuk mengejar tujuan meningkatkan angka kredit sambil terus bekerja.

Langkah Kedua, Menguatkan Jaringan Antar Guru

Bukan hanya untuk membangun bisnis, membangun jaringan nyatanya sangat penting untuk pertumbuhan karir. Jaringan sebenarnya tentang membangun hubungan jangka panjang dan reputasi yang baik dari waktu ke waktu.

Penguatan jaringan antar Guru melibatkan pertemuan dan mengenal orang-orang yang dapat Anda bantu serta yang berpotensi dapat membantu Anda sebagai balasannya. Potensi membantu Anda bukan dalam lingkup mengharapkan balasan, melainkan membuka pintu-pintu informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Jaringan Anda sebagai Guru mencakup semua orang mulai dari rekan kerja, atasan dan anggota grup tempat Anda berada. Jaringan adalah tentang berbagi, bukan mengambil karena membentuk kepercayaan dan membantu satu sama lain menuju tujuan.

Setelah menguatkan jejaring antar Guru, tentunya Anda akan menemui rekan Guru lintas generasi dan berbagai latar belakang.

angka kredit penyusunan standar pedoman
Angka kredit penyusunan standar pedoman soal guru

Melalui jejaring, Anda akan mendapatkan informasi-informasi serta peluang untuk berkolaborasi misalnnya mengikuti kegiatan penyusunan standar pedoman soal maupun sejenisnya.

Misalkan Anda terlibat tiga kegiatan penyusunan standar pedoman tingkat provinsi setiap tahunnya, Anda telah mengantongi tiga angka kredit.

Dengan melakukan penguatan jaringan, Anda menabur benih untuk bantuan timbal balik ketika Anda membutuhkan bantuan untuk mencapai tujuan Anda.

Langkah Ketiga, Membentuk Kelompok dan Melakukan Penelitian

Membina pemikiran kritis dan keterampilan analitis melalui penelitian atau penerbitan sebuah karya ilmiah sangatlah penting. Pada waktu yang bersamaan, Anda melatih tiga kemampuan sekaligus yakni kemampuan berjejaring, kemampuan berinovasi serta kemampuan menulis.

Selain itu apabila Anda sudah berlatih melakukan penelitian mulai saat ini, kemampuan tersebut tentunya akan berguna sebagai modal untuk mengenyam pendidikan jenjang berikutnya baik untuk Magister maupun Doktoral.

angka kredit publikasi karya ilmiah guru
Angka kredit publikasi karya ilmiah guru

Publikasi karya ilmiah Guru memiliki angka kredit yang sangat tinggi. Sayangnya, diperlukan usaha yang cukup besar untuk membuat karya ilmiah jika dilakukan sendiri.

Tipsnya, Anda dapat membentuk kelompok kecil misalnya terdiri dari tiga orang. Kemudian melakukan skema rolling, misalnya tahun pertama Anda sebagai penulis pertama. Selanjutnya tahun kedua, rekan Anda yang gantian menjadi penulis pertama. Begitu seterusnya, ketika Anda membagi pekerjaan penulisan karya ilmiah ke beberapa rekan akan terasa lebih ringan.

Bagi yang belum terbiasa menulis karya ilmiah maupun artikel, Anda dapat membaca terlebih dahulu beberapa artikel pendidikan yang telah dipublikasikan kedalam jurnal terakreditasi SINTA.

Langkah Keempat, Amati Tiru dan Modifikasi Alat Peraga Pendidikan

Proses pembelajaran adalah proses mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Proses belajar mengajar merupakan kegiatan penerapan kurikulum lembaga pendidikan untuk mempengaruhi peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Penyampaian materi yang optimal membutuhkan media yang sesuai tentunya. Media adalah sarana penyalur pesan dari guru kepada siswa sehingga dapat merangsang pikiran, dan minat kinerja siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

Namun, banyak kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran di kelas dapat mengakibatkan penurunan minat siswa dan membuat mereka merasa bosan.

Siswa kurang berminat mengikuti pembelajaran karena penyampaian materi pembelajaran oleh guru terlalu monoton. Model pembelajaran teacher centered lebih menitikberatkan pada guru dan mengurangi motivasi dan keaktifan siswa di dalam kelas. Selain itu, media yang digunakan cenderung whiteboard dan power point yang sederhana.

angka kredit membuat alat peraga
Angka kredit membuat alat peraga

Solusinya, media pembelajaran sekali-kali menggunakan alat peraga agar para siswa mendapatkan variasi pembelajaran.

Selain membeli alat peraga yang sudah tersedia di pasaran, ternyata memodifikasi maupun membuat alat peraga sendiri dapat diklaim sebagai angka kredit untuk Anda sebagai Guru. Anda dapat melakukan ATM (Amati Tiru dan Modifikasi) alat peraga yang sudah tersedia menggunakan bahan sekitar Anda.

Jika alat peraga belum tersedia di pasaran, Anda dapat menggunakan internet untuk melihat alat peraga yang digunakan di sekolah-sekolah luar negeri. Anda dapat melakukan modifikasi dengan kandungan lokal tentunya.

Proses modifikasi atau pembuatan tidak harus Anda lakukan secara mandiri. Anda dapat bekerjasama dengan UMKM lokal seperti Tukang Kayu, Tukang Las, Tukang Bubut dll. 

Langkah Kelima,  Memperoleh Ijazah Pendidikan

Tidak dapat dipungkiri bahwa meningkatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat meningkatkan angka kredit dengan cepat. Namun, sebelum beralih ke pilihan gelar, Anda harus terlebih dahulu yakin bahwa karir dalam mengajar adalah jalan yang tepat untuk Anda. Dibutuhkan tipe orang yang unik untuk menjadi guru yang hebat.

Salah satu kualitas terpenting yang harus Anda miliki jika Anda tertarik untuk menjadi seorang guru adalah kesabaran. Anda tidak bisa marah pada siswa yang berjuang untuk memahami konsep-konsep tertentu. Sebaliknya, Anda harus sangat sabar, pengertian, dan memberi semangat.

Akan tetapi, mungkin sulit untuk memutuskan karier. Jika Anda tidak yakin tentang mengejar karir mengajar, Anda dapat menguji terlebih dahulu dengan menjadi sukarelawan di sekolah-sekolah baik lokal maupun luar negeri, dengan menjadi asisten guru, atau dengan mendapatkan pekerjaan mengajar pengganti.

Peluang ini tidak memerlukan pendidikan formal, jadi ini adalah pilihan bagus untuk membuat kaki Anda basah sebelum menyelam untuk mendapatkan gelar.

angka kredit mendapatkan ijazah guru
Angka kredit mendapatkan ijazah guru

Setelah Anda benar-benar berkomitmen untuk menjadi guru, Anda siap untuk mengejar gelar Anda di bidang pendidikan!

Seperti yang Anda lihat, ada banyak cara berbeda untuk menjadi guru bersertifikat. Itu semua tergantung Anda ingin menjadi guru seperti apa dan berapa banyak waktu yang ingin Anda investasikan dalam pendidikan mengajar Anda.

Apa pun jalan yang Anda pilih, Anda akan berada di jalur yang tepat untuk menjadi guru hebat yang akan berdampak positif bagi kehidupan banyak orang. Semoga sukses dalam perjalanan mulia Anda!

Angka kredit mengikuti pendidikan dan memperoleh gelar sangatlah besar. Tentunya usaha yang diperlukan juga sangatlah besar untuk dapat lulus S1/D4, S2 hingga S3. Jika Anda telah terbiasa mengikuti kelas-kelas pelatihan seperti pada langkah pertama, kemudian Anda sudah terbiasa berjejaring dan melakukan penelitian pada langkah kedua dan ketiga.

Selanjutnya ketika Anda telah terbiasa membuat inovasi alat peraga seperti pada langkah keempat. Tentunya mengambil kesempatan untuk lanjut kuliah sangatlah mudah karena proses pembiasaan tadi merupakan komponen yang sering ditugaskan selama kuliah.

Kesimpulan

Jadi kesimpulan dari langkah efektif meningkatkan angka kredit guru yakni dengan fokus pada keikutsertaan pelatihan, perluasan jaringan, keterlibatan pada proses penelitian, inovasi serta mendapatkan ijazah pendidikan.

Kunci dari proses perolehan angka kredit guru yakni dengan kesabaran dan pembiasaan. Saran kami, Anda melakukan langkah-langkah tersebut secara bertahap dan konsisten. Kami yakin dengan ketekunan Anda akan membuahkan hasil yang maksimal.

Anda mungkin menyukai postingan ini:

1 komentar:

  1. Casino & Gambling Apps - JamBase
    With more than 3,000 casino and sports betting apps available in 서울특별 출장마사지 the App Store, you can 양산 출장마사지 play casino games 김천 출장안마 from 거제 출장샵 your iPhone or iPad. The app can also be 군포 출장샵

    BalasHapus