5 Manfaat Pelatihan untuk Meningkatkan Karir Guru


Manfaat Pelatihan untuk Meningkatkan Karir Guru

manfaat pelatihan guru
Manfaat Pelatihan Guru

Ketika Anda mendaki sebuah tangga karir sebagai guru, investasi yang paling penting bukan pada seberapa mahal kendaraan, merek tas maupun aksesoris yang Anda gunakan. Namun, terletak pada kemampuan dan kompetensi yang Anda miliki.

Keikutsertaan dalam pengembangan diri dalam bentuk pelatihan merupakan investasi berharga yang perlu Anda miliki. Pelatihan dan pengembangan karir Guru merupakan elemen kunci untuk tumbuh kembang Anda yang pada akhirnya berkolerasi dengan peningkatan karir baik itu pekerjaan maupun bisnis.

Apa hubungan serta perbedaan antara Pelatihan dan Pengembangan Diri?

Pengembangan diri memiliki arti yang lebih luas, bahkan pelatihan merupakan salah satu elemen di dalamnya. Pengembangan diri dapat berbagai macam meliputi sertifikasi guru, membaca buku pendidikan, keikutsertaan dalam seminar ilmiah pendidikan maupun workshop serta pelatihan.

Sedangkan pelatihan secara khusus merupakan proses untuk mendapatkan skil atau kemampuan tertentu. Berbeda dengan membaca buku serta seminar, pelatihan lebih terarah karena memiliki learning path. Melalui pelatihan, Anda akan dipimpin oleh seorang yang ahli pada bidangnya.

Melalui pelatihan, Anda juga akan mendapatkan sertifikat yang di dalamnya memuat informasi kompetensi apa saja yang telah Anda pelajari berikut jam terbangnya. Sebagai contoh, sertifikat pelatihan Anda akan tertulis 32 JP (Jam Pelajaran).

Seberapa Penting Peran Pelatihan dalam Meningkatkan Karir?

Kami merangkum 5 alasan penting mengapa pelatihan memiliki peran yang signifikan bagi peningkatan karir Anda sebagai Guru.

Pertama, peningkatan performa dalam memberikan layanan prima

Tujuan utama Anda berada dalam suatu posisi jabatan Guru yakni untuk memberikan layanan prima. Baik itu sebagai karyawan, pengusaha maupun pimpinan pun tujuan utamanya adalah memberikan layanan prima.

Ketika Anda sebagai pengusaha, tujuan bisnis Anda adalah memberikan pelayanan baik dalam bentuk jasa maupun produk untuk kepentingan pengguna. Jika layanan yang Anda tawarkan kurang begitu baik, tentunya akan berdampak pada larinya pelanggan maupun pengguna Anda.

Begitu juga ketika Anda sebagai Guru, Anda memiliki tanggung-jawab untuk memberikan pengajaran kepada para Siswa-Siswi. Semakin Anda memberikan layanan prima, semakin cemerlang karir Anda. Peningkatan layanan dapat kita miliki dengan keikutsertaan dalam pelatihan.

Kedua, sebagai  sarana menambah jaringan profesional

Perbanyak jaringan, maka Anda akan mendapatkan rejeki yang berlimpah. Melalui keikutsertaan pelatihan, Anda akan membangun jaringan dengan para mentor maupun rekan yang sama-sama mengikuti pelatihan.

Jaringan Anda kemungkinan berasal dari berbagai daerah, jabatan maupun jenjang fungsional. Melalui jaringan profesional tersebut, Anda dapat saling bertukar informasi Seminar, pelatihan Guru Gratis, maupun informasi-informasi lainnya yang dapat membuka ladang rejeki Anda.

Ketiga, memperkaya referensi dan sudut pandang baru

Keikutsertaan pelatihan dapat membantu memerkaya referensi serta sudut pandang baru. Mendapatkan sudut pandang baru ini penting karena melatih untuk menjadi Guru yang open minded (berfikiran secara terbuka).

 

Melalui video Youtube diatas, kami memberikan contoh bagaimana melihat sudut pandang berbeda.

Selain itu, melalui keikutsertaan dalam pelatihan mampu memberikan manfaat untuk membangun pola pikir kreativitas untuk menjadi seorang pemimpin. Pemimpin tidak hanya ada karena dilahirkan, melainkan ada karena dibentuk. Proses pembentukan pemimpin dapat terjadi dengan keikutsertaan pengembangan kompetensi pelatihan.

Pada ranah profesi Guru, untuk menjadi Kepala Sekolah pun harus melalui proses pendidikan atau diklat KS (Kepala Sekolah).

Keempat, belajar dari kesalahan

Kesalahan adalah sesuatu yang tidak bisa Anda hindari. Ini adalah salah satu bagian yang tidak dapat dihindari dari kehidupan manusia. Tidak ada satu manusia pun yang tidak pernah melakukan kesalahan setidaknya sekali seumur hidup.

Tanpa kesalahan, tidak ada kehidupan manusia. Yah, kami dapat memahami bahwa Anda memberikan banyak upaya untuk menghindari kesalahan. Tetapi terkadang, situasinya tidak di bawah kendali Anda. Dan selama waktu itu, Anda tidak dapat melakukan apa pun selain membuat kesalahan.

Kami juga tahu bahwa membuat kesalahan menghancurkan hati Anda. Anda cenderung berpikir bahwa semuanya selesai begitu Anda melakukan kesalahan. Tetapi kebenarannya sedikit berbeda. Anda harus tahu bahwa kesalahan kita adalah salah satu guru terbaik kita.

kesalahan merupakan guru terbaik
Pepatah Kesalahan Merupakan Guru Terbaik

 

Mereka akan membantu Anda mempelajari beberapa pelajaran terberat dalam hidup. Nah, jika Anda tidak melakukan kesalahan, akan sulit bagi Anda untuk mempelajari pelajaran tersebut. Jadi, jangan mengakui kesalahan Anda sebagai salah satu aspek negatif. Sebaliknya, anggap mereka sebagai alat pertumbuhan Anda. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah tidak mengulangi kesalahan yang telah Anda buat.

Menjadi Guru yang lihai dalam menyikapi permasalahan, tidak harus ikut jatuh terlebih dahulu dalam sebuah permasalahan untuk mendapatkan pengalaman. Kita dapat mempelajari pengalaman orang lain dari proses transfer pengetahuan di dalam suatu pelatihan. 

Melalui pelatihan, kita akan mendapatkan banyak sekali saran dari praktisi yang sudah pernah jatuh bangun berkali-kali.

Kelima, meningkatkan produktivitas

Melalui pelatihan dan pengembangan, Guru akan memperoleh semua pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk melakukan tugas sehari-hari, membantu mereka bekerja lebih cepat, lebih efisien, dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Pelatihan yang ada di portal Sertifikat Pelatihan memungkinkan Guru untuk menjadi lebih mandiri, membutuhkan lebih sedikit bimbingan. Sehingga para orang tua murid dapat mengandalkan Guru untuk membuat keputusan yang tepat dan memberikan hasil yang berharga, sehingga membebaskan waktu Kepala Sekolah untuk tujuan yang lebih besar.

Kesimpulan

Mengikuti pelatihan memberikan segudang manfaat mulai dari peningkatan performa layanan prima, menambah jaringan profesional, menambah referensi serta sudut pandang baru, belajar dari kesalahan hingga meningkatkan produktivitas.

Melalui pelatihan yang kami tawarkan di dalam Portal Sertifikat Pelatihan yang bersertifikat, harapannya Anda dapat meningkatkan karir Anda sebagai Guru.


Anda mungkin menyukai postingan ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar