7 Peluang Kerja Sampingan untuk Guru Lewat Online


Peluang Kerja Sampingan untuk Guru Lewat Online

 

kerja sampingan guru online
Kerja Sampingan Guru

Apakah anda seorang guru yang sedang mencari peluang kerja sampingan untuk menambah pendapatan ? Namun apakah saat ini Anda belum memperolehnya karena terbentur waktu mengajar serta kesibukan lainnya ?

Jika Ya, Anda dapat mencari peluang kerja sampingan secara online. Sehingga Anda dapat mengerjakannya di sela-sela kesibukan Anda sebagai guru.

Menjadi seorang Guru merupakan profesi terhormat, namun sayangnya gaji yang kita dapatkan tidak dapat mencukupi kebutuhan kita sehari-hari.

Daripada menyalahkan keadaan, kita sebagai guru dapat berusaha dengan mengambil peluang kerja sampingan untuk mendapatkan tambahan pendapatan.

Pada artikel ini kami akan membahas terkait 7 peluang kerja sampingan untuk Guru. Semoga ketujuh peluang kerja sampingan ini dapat memberikan pencerahan bagi kita semua untuk mendapatkan tambahan pendapatan.

1.Pengajar Kursus Online

Adanya pandemi yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun memaksa kita semua beralih ke dunia online. Tidak hanya dunia pendidikan, bahkan profesi lainnya pun melakukan hal yang sama.

Selain itu dengan adanya perkembangan teknologi memungkinkan kita untuk berinteraksi secara online. Maksudnya, kita tidak perlu bertatap muka dengan lawan bicara kita. Sehingga kita tidak dibatasi oleh jarak antar kota sekalipun.

Data menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang belajar melalui kursus. Sebagai guru kita dapat memanfaatkan situasi ini dengan menawarkan kursus online sesuai bidang kita.

Anda dapat mencari lowongan melalui Google dengan mengetikkan “lowongan guru/tutor online”. Selama penulis mencoba, banyak sekali tawaran serta lowongan yang membuka untuk posisi pengajar online. Salah satunya Superprof, Les Private Big Bang, Quipper dll.

Selain bergabung dengan lembaga penyedia kursus, Anda juga dapat menjadi pengajar kursus online secara independen. Anda dapat menawarkan jasa Anda melalui jaringan Anda terlebih dahulu.

Tarif per jam untuk kursus Superprof bervariasi mulai dari 20 ribu per jam hingga 50 ribu perjam.

2.Penulis Lepas

kerja sampingan penulis
kerja sampingan penulis

Apakah anda sebelumnya pernah mendengar istilah penulis lepas ? Atau penulis freelance ? Kedua istilah tersebut memiliki arti yang sama. Sebagai Guru, tentu kita dituntut untuk rajin membaca. Tujuannya agar update terhadap perkembangan informasi yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

Tulisan yang kita baca baik di koran maupun internet sebagian merupakan karya dari penulis lepas. Ketika Anda mengirimkan artikel ke koran misalnya, Anda akan mendapatkan semacam fee untuk tulisan yang terbit. Hal tersebut juga berlaku untuk artikel di internet.

Bagi yang memiliki minat serta kemampuan menulis, tentunya pekerjaan ini merupakan sebuah peluang baru yang menyenangkan. Anda dapat mencoba melamar pekerjaan sebagai penulis lepas.

Anda dapat mencari tawaran pekerjaan sebagai penulis lepas melalui website seperti Sribulancer, Project hingga Frelancer. Bagi yang masih pemula maupun untuk memperkaya portofolio, Anda dapat memulai dari website projects (dot) co (dot) id

Tawaran pekerjaan penulis sangatlah banyak karena industri ini berkembang cukup pesat. Penulis lepas juga tidak terbatas hanya untuk artikel maupun koran melainkan untuk caption sosial media hingga iklan.

Sebagai guru, Anda dapat fokus menjadi penulis pada bidang yang terkait dengan pendidikan. Setiap partikel dengan minimal 1000 kata pada projects (dot) co (dot) id memiliki harga jasa pasaran sebesar IDR 50 ribu

3.Youtuber

Siapa yang tidak mengenal YouTube ? Platform berbagi video ini memberikan fee dalam bentuk Adsense untuk pemilik channel yang memasang iklan.

Jika anda mampu membuat channel dengan penonton hingga jutaan, Anda dapat meraup jutaan rupiah per bulan.

Namun untuk membuat channel YouTube yang berkualitas, Anda membutuhkan modal yang tidak sedikit. Agar pengambilan gambar Anda menarik, peralatan yang harus anda miliki yakni Laptop, Kamera, Software Editing Video hingga Microphone profesional.

Beberapa Youtuber memiliki penghasilan sebesar 7 Juta Rupiah per bulan dengan jumlah subscriber sebanyak 1 juta.

4.Blogger

Selain sebagai penulis lepas, Anda juga dapat mencari peluang melalui blog. Hanya saja berbeda dengan penulis lepas, untuk mendapatkan uang dari blog membutuhkan ketekunan menulis serta waktu yang cukup lama.

Dilansir dari grup komunitas blogger, rata-rata blogger sukses memonetisasi blognya setelah konsisten menulis setiap hari selama 6 bulan. Penghasilan yang didapatkan oleh blogger dengan kunjungan harian sebesar 10000 kunjungan per hari dapat tembus 1,5 juta per bulan.

Sebagai guru, Anda dapat fokus menulis pada bidang pendidikan. Bidang pendidikan memiliki niche market yang cukup baik sehingga banyak menarik kunjungan.


5. Konsultan Pendidikan

konsultan pendidikan
Konsultan Pendidikan


Melalui pengalaman anda sebagai guru , Anda dapat bertindak sebagai konsultan pendidikan.

Konsultan pendidikan banyak dicari di sekolah, di lembaga kursus,di perusahaan hingga di Dinas Pendidikan. Sebagai konsultan Anda diminta untuk melihat permasalahan kemudian menawarkan alternatif solusi untuk permasalahan tersebut.

Permasalahan yang sering dihadapi oleh sekolah mencakup bahan ajar dan akreditasi. Anda dapat menawarkan bantuan berupa layanan bahan ajar yang dilengkapi dengan RPP. Sedangkan terkait akreditasi, proses ini lebih banyak membutuhkan solusi terkait sistem untuk memudahkan pengumpulan kelengkapan administrasi.

Sedangkan permasalahan di lembaga kursus lebih kepada penilaian uji kompetensi. Lembaga Kursus mencari konsultan pendidikan dari latar belakang guru Karena Guru memiliki pengalaman yang mumpuni dalam hal penilaian ujian siswa.

Jika sekolah dan lembaga kursus memiliki permasalahan yang erat kaitannya dengan ranah teknis, jika Anda menjadi konsultan di Dinas Pendidikan maka Anda diminta pendapat terkait aspek Kebijakan dan Kurikulum.

Pangsa pasar untuk menjadi konsultan pendidikan ini cukup banyak dan bisa dilakukan secara online untuk pertemuann awal. Selain online, beberapa perusahaan juga merekrut konsultan pendidikan lapangan. Salah satu contohnya, Ruang Guru  membuka ribuan lowongan paruh waktu untuk Field Education Consultant dengan rata-rata gaji 1 juta per bulan.

6. Penerjemah


Jika Anda merupakan seorang guru bahasa, Anda dapat mencoba peluang sebagai penerjemah. Melalui perkembangan teknologi, Anda tidak diharuskan tergabung kedalam Biro Penerjemah maupun Penerbit.

Pekerjaan ini cocok untuk dijadikan sampingan karena penyelesaian pekerjaan terjemahan dapat dilakukan secara fleksibel.

Sebelum memulai, Anda perlu menentukan pasangan bahasa apa yang paling Anda kuasai ? Semisal Anda adalah Guru Bahasa Jerman, maka pasangan bahasa Anda adalah Jerman - Indonesia dan Indonesia Jerman.

Selain Guru bahasa, Anda sebagai Guru mata pelajaran umum juga dapat menjadi seorang penerjemah. Namun, Anda perlu melengkapi sertifikat dan portofolio untuk menunjukkan bahwa Anda kompeten pada bidangnya. Menjadi seorang penerjemah, Anda disarankan untuk memperoleh sertifikat Bahasa B1.

Nilai pasaran penerjemah tersumpah untuk setiap satu lembar dokumen A4 adalah Rp. 80.000. Cukup menarik bukan !


7. Afiliator

Affiliator merupakan seseorang yang mendapatkan keuntungan dari penjualan dari menawarkan produk tertentu. Profesi ini erat kaitannya dengan profesi sales atau penjual. Namun bedanya, affiliator lebih mengarah ke produk yang dijual secara digital.

Sebagai contoh beberapa marketplace terkenal seperti Tokopedia, Shopee dan Lazada juga menawarkan produk melalui jasa affiliator.

Sebagai pengalaman, Saya pernah menawarkan produk Lazada melalui skema affiliasi dan mendapatkan fee 5% dari harga produk. Cukup menarik bukan !

Anda dapat mencari peluang kerja sampingan dengan mengetikkan keyword di Google "Affiliate Lazada"


Tips


Metode Pembelajaran Elearning

Kami menawarkan pelatihan bersertifikat bagi Anda untuk menguatkan pondasi Anda terkait metode pembelajaran elearning yang efektif.
 
Anda dapat langsung mengikuti pelatihan bersertifikat ini dengan mengklik link berikut.
Melalui Pelatihan Guru : Metode Pembelajaran Elearning 32 JP Anda akan belajar terkait bagaimana cara membangun suasana yang menarik baik pada kelas Online maupun Tatap Muka.

Anda mungkin menyukai postingan ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar