3 Langkah Membangun Suasana Menyenangkan Selama Belajar Mengajar


Membangun Suasana Menyenangkan Selama Belajar Mengajar

 

lingkungan belajar menyenangkan
Lingkungan Belajar yang Menyenangkan

Silakan Anda ingat-ingat terkait apa yang Anda rasakan ketika menjadi murid. Ketika belajar anda lebih menyukai lingkungan yang serius dan penuh tekanan atau lingkungan yang menyenangkan ? Sebagian besar orang pastinya akan menjawab lebih menyukai belajar di lingkungan yang menyenangkan.

Siswa-siswi pergi ke sekolah pada umumnya dilanda situasi ketakutan dan dan ketidakpastian.  Mereka membutuhkan suatu bentuk inovasi pembelajaran yang dapat mencairkan suasana di lingkungan sekolah.

Proporsi Permainan Lebih Mendominasi


 

permainan belajar mengajar

Salah satu cara untuk mencairkan proses pembelajaran di lingkungan sekolah yakni dengan melakukan permainan atau hal yang paling disukai oleh siswa-siswi. Mereka kadang bermain hanya sewaktu jam istirahat saja.  Namun sebenarnya melakukan permainan pun dapat  diintegrasikan dengan proses pembelajaran.

Suasana yang cair itu penting untuk memompa semangat dalam menerima pembelajaran.  Kemudian bersenang-senang secara bersama-sama dapat mengembangkan kemampuan interaksi sosial siswa-siswi tersebut. Saat ini banyak sekali inovasi pembelajaran yang melibatkan permainan.

Bermain merupakan sebuah cara yang efektif untuk menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan siswa-siswi. Sehingga siswa-siswi dapat menyerap makna illmu lebih banyak dan lebih lama.

Kita juga dapat melakukan inovasi dengan menambahkan elemen-elemen permainan seperti kenaikan level berdasarkan kemenangan atau mendapatkan penghargaan selama sebuah tim memenangkan permainan.

Contoh permainan :

  • Kuis Kelipatan Bilangan (Implementasi Pembelajaran Matematika)
  • Sambung Cerita (Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia)


Mari kita singkirkan kertas kerja sejenak dan mencoba berpikir agar bagaimana siswa-siswi dapat menikmati jalannya proses pembelajaran seperti halnya ketika menikmati sebuah permainan.


Meningkatkan Keterlibatan Pihak Terkait


Aktivitas yang membutuhkan keterlibatan tentunya memerlukan peran serta lebih dari satu orang. Proses keterlibatan ini tidak hanya antara guru dan murid melainkan juga dengan lingkungan orang tua serta lingkungan sekitar.

Sebagai guru, kita harus merencanakan bentuk keterlibatan serta mengajarkan kepada siswa-siswi terkait bagaimana cara untuk berkolaborasi dengan keluarga maupun lingkungan sekitar.

Kolaborasi dan kerjasama ini merupakan bentuk pembelajaran yang penting ketika siswa-siswi terjun di masyarakat nantinya. Untuk memikirkan kembali terkait bagaimana cara cara meningkatkan keterlibatan pihak terkait,  kita perlu menjawab 3 pertanyaan berikut ini:

Bagaimana cara membantu siswa siswi untuk saling berkolaborasi?
Apa saja aktivitas yang dapat menstimulus keterlibatan antara siswasiswi, guru dan orang tua?
Bagaimana cara Anda melibatkan orang tua dan mengaitkannya dengan dunia nyata?

Beberapa penelitian telah menyimpulkan bahwa memulai proses pembelajaran yang melibatkan berbagai pihak dengan cara mengajarkan komunikasi pada siswa-siswi terlsebih dahulu.

Kemudian Anda sebagai guru perlu menetapkan sebuah tujuan dan langkah-langkah yang ditempuh secara bertahap untuk melibatkan pihak-pihak terkait tersebut. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan siswa-siswi guru dan murid dapat Anda lihat seperti berikut ini:

  • Pengabdian Masyarakat
  • Kerja Bakti
  • Mengenal Layanan Pemerintahan
  • Mengenal Budaya



Menerapkan Keadilan


Siswa-siswi beserta keluarganya tentunya membutuhkan dukungan moral seperti halnya semangat atau motivasi. Seperti kita ketahui bahwa di dalam suatu kelas para siswa-siswi berasal dari keluarga yang heterogen. 



Anda sebagai guru tentunya harus memahami situasi tersebut. Anda sebagai guru juga bertanggung jawab terhadap terciptanya situasi yang adil selama proses pembelajaran. Adil yang dimaksud mencakup keadilan dalam aspek finansial, pemberian perhatian serta menghidari SARA.

Memahami situasi ini tentunya membutuhkan jam terbang yang tinggi, empati guru serta kemampuan yang mumpuni untuk melihat lingkungan sekitar.  Menciptakan situasi atau suasana yang adil itu penting karena anda sebagai guru juga memberikan contoh kepada siswa-siswi anda.

Rekomendasi Pelatihan Guru

Anda dapat mempelajari bagaimmaan cara membangung suasana menyenangkan selama belajar mengajar dengan dengan mengikuti Pelatihan Guru : Ilmu Pendidikan 32 JP

Anda mungkin menyukai postingan ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar